[REC] (2007)

10:11



There are incredible security measures in place. We know nothing. They haven't told us a thing. We saw special forces, health inspectors wearing suits and masks, and it's not very comforting. 



Film bertema found footage dengan shaky camera umum ditemui saat ini. Dengan gaya mockumentary, [Rec] adalah salah satu film pelopor dengan genre horor.
Di awal cerita, seorang reporter Angela Vidal (ManuelaVelasco) bersama kameramen tengah merekam acara tv yang mengisahkan pekerjaan pemadam kebakaran. Di malam tersebut, alarm berbunyi. Dua petugas jaga diminta untuk mendatangi sebuah apartemen yang menurut panggilan tersebut, seorang nenek tua menjerit-jerit di dalam kamarnya.
Semuanya berjalan normal hingga mereka memasuki apartemen. Ketika diperiksa, si nenek berubah menjadi beringas dan menggigit seorang petugas pemadam kebakaran. Ketika mereka akan keluar, apartemen tiba-tiba dikunci. Puluhan anggota bersenjata telah bersiap di luar.
Pada awalnya, penonton akan dibuat sedikit bosan sebelum mereka masuk ke apartemen. Namun, ketika konflik berlangsung, film ini perlahan-lahan mulai mencapai klimaksnya. Film Mockumentary memang identik dengan kamera yang goyang, serta pencahayaan yang tidak teratur. Jadi, untuk Anda yang menderita migrain bersabarlah karena akan banyak goyangan pada layar Anda.
Karena ini film Spanyol, telinga saya begitu terganggu mendengar perdebatan semua pemain yang ada di film ini. Anda pasti langsung menduga kalau orang Spanyol adalah tipe orang dengan banyak bicara. Buruknya, mereka bicara dengan tempo cepat, tanpa henti, dan setengah berteriak. Jika Anda punya riwayat sakit telinga, lebih baik kecilkan volume TV Anda.
Karena termasuk film infected, maka tidak diperlukan tata rias yang luar biasa. Film ini tergolong sudah baik dari tata rias, demikian halnya dengan efek seperti muntah darah, merobek daging manusia, sudah cukup untuk membuat mual.
Jajaran artis yang hadir menurut saya tidak ada yang menonjol. Meski bagusnya, mereka bermain senatural mungkin karena gambar yang diambil seolah-olah kisah nyata. Anda pasti akan kesal dengan semua artis yang banyak bicara ketimbang melakukan hal-hal penting. Si Cantik Manuela Velasco pun tidak berbuat banyak, penonton akan lebih terbuai karena kecantikan dan wardrobe yang ia kenakan.
Duet sutradara Jaume Balaguero dan Paco Plaza cukup sukses meski di beberapa scene seringkali dipotong dengan ‘blank screen’. Hal ini membuat penonton semakin penasaran karena ada adegan yang tidak diperlihatkan oleh kamera.
Nah, meski sedikit tapi untuk para penggemar film zombie, film ini cocok untuk dijadikan referensi.


Rating: 7.2

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts