[Tutorial] Roller Coaster Tycoon 3 Platinum: Getting Started

22:22

Main Menu

Tampilan main menu RCT 3

 
Di main menu terdapat tiga pilihan: Play, Tools, dan Options. Ritual saya sebelum main game adalah selalu memilih options terlebih dahulu. Karena saya menggunakan laptop rekan yang tidak begitu mumpuni, maka hal pertama yang saya lakukan adalah menyesuaikan kualitas gambar dan permainan pada tingkat balanced. Artinya, game akan berjalan smooth tanpa mengurangi kecantikan tampilan pada game ini. 


Options

Tampilan Menu Options

Pada menu game settings saya menyarankan Anda untuk menggunakan dollar sebagai currency, metrics, dan celcius sebagai penanda suhu agar lebih terbiasa. Jika ragu untuk menentukan secepat apa komputer Anda menjalankan game ini, silakan pilih auto detect pada opsi graphic settings sehingga sistem akan menentukan yang terbaik untuk Anda.


Tools

Menu Tools yang semakin variatif


Di menu Tools terdapat empat sub-menu: peep designer, scenario editor, coaster designer, dan building designer. Di empat sub menu ini Anda bisa membuat peep—sebutan orang pada RCT—sendiri lengkap dengan rombongannya. Demikian halnya dengan skenario, roller coaster, dan bangunan bisa Anda kreasikan sendiri.

Saran saya, untuk mendesain roller coaster lebih baik dibuat disini sehingga your ultimate coaster bisa digunakan dan ditempatkan di amusement park lain. Karena jika Anda membangunnya ketika menggunakan mode sandbox ataupun career, maka coaster Anda tidak bisa digunakan ketika Anda naik level, misalnya.  Sama halnya dengan bangunan. Di RCT 3 terdapat banyak tema bangunan yang sudah tentu bisa Anda desain sendiri. Tapi, jangan samakan dengan membangun rumah di The Sims ya, karena bangunan di sini didesain asal berdiri saja.


Play

Menu Play atau disebut juga sebagai menu campaign


Menu Play tentu menjadi menu utama di sini. Terdapat empat sub-menu: Tutorial Mode, Career Mode, Sandbox Mode, dan Custom Scenario. Jika Anda baru pertama kali memainkan RCT, tutorial mode adalah pilihan wajib bagi Anda. Meskipun kontrolnya tergolong mudah, namun terdapat banyak opsi tambahan yang dapat memengaruhi permainan secara langsung.


Career Mode

Jika memainkan RCT 3 Premium, dua menu ekspansi pasti muncul di layar Anda

Pada career mode terdapat tiga pilihan yakni RCT, Soaked, dan Wild! Tiga pilihan ini didasarkan pada jenis skenario dan objectives yang berbeda-beda di antara ketiganya. Seperti yang telah dijelaskan pada tulisan awal, pilihan RCT menggabungkan sejumlah wahana dengan tema yang berbeda-beda ke dalam satu taman. Sementara Soaked lebih fokus ke wahana air, dan Wild! Lebih ke binatang dan alam.

Jika Anda merupakan seseorang yang senang dengan tantangan, career mode merupakan pilihan yang tepat. Memainkan RCT sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mencapai objectives yang telah disediakan. Yang sulit adalah kesabaran pemain dalam “menunggu” pengunjung untuk datang dan menghabiskan uangnya di taman bermain yang telah kita buat.

Terdapat enam permainan yang telah dibuka pada career mode dari total 18 skenario yang ditawarkan. Setiap skenario akan terbuka jika pemain berhasil menyelesaikan enam skenario yang telah terbuka tersebut. Setiap skenario memiliki cerita dan objectives yang berbeda-beda. Setiap objectives memiliki tiga tingkat kesulitan: Apprentice, Entrepreneur, dan Tycoon

Tampilan menu campaign yang berisi total 18 campaign yang bisa dimainkan

Scenario objectives yang terdiri dari tiga tingkatan


Di skenario Vanilla Hils untuk tingkat kesulitan tycoon, pemain harus memiliki minimal 600 pengunjung dengan total park value mencapai 100 juta dollar. Park value merupakan nilai dari keseluruhan taman bermain yang kita miliki, mulai dari tenaga pekerja hingga coaster. Jika sudah mencapai tingkat apprentice, pemain dianggap berhasil dan skenario selanjutnya pun terbuka. Tingkat entrepreneur dan tycoon hanya merupakan tambahan jika pemain menyukai tantangan lebih. Hal ini juga berlaku pada mode pilihan soaked dan wild dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula.


Sandbox



Sandbox merupakan mode favorit saya. Karena saya tidak memiliki keinginan untuk menyelesaikan skenario dan tidak merasa tertantang—karena ada cheat, maka mode sandbox merupakan pilihan terbaik. Di sini, pemain tidak perlu memerdulikan soal uang. Mau dibuat sebanyak apapun scenery dan coasternya, uang Anda tidak akan pernah habis—karena memang tidak terbatas.

Pada sandbox sebenarnya pemain akan berlatih tentang kebiasaan pengunjung, akan ke mana pengunjung pergi dan naik wahana apa mereka. Karena uang yang tidak terbatas, pemain juga dapat melatih kreativitas dalam membangun amusement park yang menurut mereka terbaik.


Tutorial

Tampilan coaster cam


Pada bagian tutorial ini, saya akan memandu Anda sedikit langkah dan pengenalan dari RCT 3 ini. Beberapa bagian mungkin saja berbeda karena sayang menggunakan RCT 3 Platinum yang merupakan gabungan dua ekspansi soaked dan wild sehingga pasti ada scenery maupun rides yang berbeda. Namun, secara teknis semuanya tetap sama.

Tombol menu terdapat di sebelah kiri Anda yang berupa bulatan-bulatan kecil. Di bagian atas terdapat bar navigasi yang menjadi panduan bagi Anda dalam menentukan waktu dan informasi lainnya.


Bar Navigasi

Klik gambar untuk memperbesar

Pada bar navigasi dimulai dari sebelah kiri ada icon berbentuk topi yang menentukan ada di level manakah Anda. Jika berwarna coklat berarti apprentice,perak berarti entrepreneur dan kuning berarti Anda mencapai level tertinggi dalam permainan ini: tycoon

Di sebelah icon topi tersebut terdapat gambar matahari yang jika di-klik akan muncul tiga sub-menu ada matahari penuh, bulan sabit, dan keduanya. Jika Anda ingin amusement park Anda buka sepanjang waktu, maka pilihlah gambar keduanya. Jika ingin malam hari saja, pilihlah yang bulan sabit, vice versa. Penggunaan waktu ini harus dicermati karena memengaruhi pada penerangan di taman bermain Anda. Jika mengeseet malam hari tapi tidak memiliki lampu, tentu akan gelap. Sementara jika siang hari tanpa atap atau bangunan untuk berteduh, maka peeps akan mengeluh karena kepanasan.

Di sebelahnya terdapat tombol pause, play, forward, dan fast forward. Penggunaan fast forward tidak disarnkan karena ketika setelah saya amati, uang dan jumlah peeps di taman malah berkurang. Nah, di sebelahnya terdapat currency—saya menggunakan dollar—dan jumlah uang. Jika menggunakan mode sandbox tentu akan tertera tulisan unlimited

Di sebelahnya terdapat sejumlah angka yang menunjukkan jumlah peeps yang berkunjung ke taman Anda. Icon ibu jari yang terangkat ke atas dan ke bawah menunjukkan tingkat kepuasan dari peeps akan taman bermain Anda. Semakin puas, maka akan berwarna hijau penuh ke sebelah kanan.

Lalu ada bentuk setengah lingkaran dengan sejumlah garis yang bisa Anda tarik ke bawah. Isinya adalah berita tentang taman Anda seperti berita penghargaan, gangguan teknis dan rides baru yang bisa dibeli. Di sebelahnya terdapat indikator suhu dan cuaca. Jika bergambar matahari berarti sedang terik. DI kanannya terdapat penunjuk tanggal, bulan dan tahun. Di sebelahnya lagi ada indikator kembang api dan peeps.


Icon Bar

Icon bar yang terletak di sebelah kiri tampilan layar Anda


Terdapat 11 icon bar yang menjadi kontrol utama dalam permainan ini. Empat bagian di atas berisi tentang informasi amusement park dan menu opsi. Sisanya, berhubungan langsung dengan amusement park Anda. Tujuh icon bar tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan taman bermain Anda menjadi lebih luas dan besar.

menu maps yang berisikan secara garis besar kondisi amusement park Anda

menu view controls yang dapat digunakan sebagai filter apa yang ingin dan tidak ingin Anda lihat


Empat icon bar paling atas adalah Maps, View Controls, File Options, dan Quit to Main Menu. Di menu maps Anda dapat melihat amusement park Anda dari atas dalam bentuk yang lebih kecil. Terdapat tiga sub-menu yakni theme view yang dapat digunakan untuk melihat tema apa yang ada di amusement park Anda, apakah bergaya adventure, spooky, atau sci-fi misalnya. Sub menu kedua memerlihatkan jenis bangunan apa yang ada pada amusement park Anda seperti toilet, rides, dan scenery. Di sub-menu ketiga Anda bisa melihat pergerakan peeps yang berada di amusement park. Ini cukup penting untuk mengontrol peeps jika taman bermain Anda terlalu besar, dan mereka kebingungan hingga akhirnya tersesat.

Menu selanjutnya adalah view controls yang memungkinkan Anda memilah apa yang ingin Anda lihat dan tidak. Di sini Anda bisa mengatur apakah Anda ingin melihat keberadaan peeps, statistik ketinggian rides, hingga melihat secara tembus pandang ke bawah tanah. Statistik ketinggian penting karena di RCT 3 ini setiap rides dibatasi ketinggiannya, sehingga jika terlalu tinggi, maka Anda tidak bisa membangun rides yang Anda mau.

Pada menu file options dan quit to main menu berisi sejumlah opsi untuk memuat permainan lama Anda atau menyimpan permainan yang tengah Anda kerjakan @Aditz92 ke folder penyimpanan. Anda juga bisa langsung keluar dari permainan dengan memilih quit to main menu

tampilan menu park management

pada menu rides Anda bisa memasukan sejumlah wahana untuk memancing pengunjung datang


Tujuh icon bar di bawahnya adalah park management, rides, shop and facilities, scenery, paths, terrain tools, dan delete objects. Pada park management Anda bisa mengatur amusement park dengan menambah pekerja misalnya. Di sini juga terdapat sejumlah informasi seperti park value dan yang paling penting Aadalah pemain bisa mengetahui apa yang tengah dipikirkan peeps mengenai amusement park Anda. Ini penting sebagai acuan awal apa yang harus pemain lakukan ketika membenahi amusement park-nya.

Menu selanjutnya—tentu saja—rides. Ini merupakan unsur paling penting dalam RCT 3 karena tanpa rides pemain tidak bisa melakukan apa-apa. Terdapat 10 wahana yang bisa dipilih mulai dari roller coaster, junior rides, transportation rides, hingga taman safari. Pengunjung bebas untuk memilih, namun saran saya lebih baik disesuaikan dengan tema yang telah ada. Misalnya, Anda menggunakan taman yang memiliki scenery laut, tentu kurang cocok jika diisi dengan rides taman safari. Tema laut tentu akan lebih cocok digunakan jika disatukan dengan rides bertema air seperti kolam renang.

Setelah itu ada shop and facilities yang di dalamnya terdapat sub menu yang berisi kios makanan dan minuman, serta fasilitas yang disediakan seperti kios informasi, atm, toilet, dan ruang kesehatan. Setelah melalui berbagai observasi, saya menyarankan untuk tidak menempatkan terlalu banyak kios makanan dan minuman karena tidak terlalu laku. Tempatkanlah maksimal empat kios makanan di tempat yang strategis. Jangan lupa, letakkan tempat sampah agar pengunjung langsung membuang sisa makanannya.
Scenery merupakan salah satu poin penting jika ingin membangun amusement park. Tanpa scenery rasanya akan ada hal yang kurang seperti donat tanpa topping. Di sini pemain bisa memilih pohon, kursi, hingga membangun kastil. Semua bisa disesuaikan.



Tampilan menu scenery


Perlu Anda ingat, peeps hanya dapat berjalan di path yang telah disediakan. Jika Anda tidak menyediakan path, maka tentu saja peeps tidak akan masuk ke amusement park Anda, ia akan kebingungan dan malah pulang ke rumah. Maka, Anda harus menggunakan path yang telah disediakan. Jumlahnya 8 model yang dapat disesuaikan dengan tema tertentu. Ketika ingin naik wahana, pengunjung pun harus antri, maka gunakanlah queueing path sebagai tempat antri setiap wahana.

Menu terrain tools berfungsi untuk memodifikasi kontur tanah yang ada. Dengan alat ini Anda bisa membuat gundukan tanah ataupun membuat lekukan tanah yang nantinya diisi air. Jika menggunakan ekspansi soaked maka Anda juga bisa membuat air terjun!

Terakhir, ada icon bar delete objects yang berfungsi sebagai alat penghapus scenery, paths, maupun rides yang telah Anda buat. Terdapat dua tipe. Tipe pertama menghapus satu objek, dan tipe kedua menghapus dalam volume yang lebih besar lagi.


Penutup


Demikian navigasi awal ketika Anda akan memulai untuk memainkan Roller Coaster Tycoon 3. Di tutorial selanjutnya, akan dihadirkan bagaimana membuat amusement park secara sederhana dan ringkas. Sampai berjumpa kembali.





Telah dicoba pada
Acer Aspire 4250
AMD Dual-Core Processor E450 1.65 Ghz
RAM 2 GB

You Might Also Like

2 komentar

  1. mu tanya gan kalau gunain kamera biar giamana biar seolah olah kita jalan ditamana itu kyak screen shot agan itu gmna ..... krim kesini gan yalulkola@gmail.com caranya

    ReplyDelete

Popular Posts