[Review] Roller Coaster Tycoon 3 Platinum

12:28

Genre permainan tycoon memang cukup banyak ragamnya. Mulai dari yang berukuran kecil seperti Movie Tycoon hingga yang skala besar sekelas Sims City misalnya. Meskipun definisi dari tycoon itu bisa diperdebatkan, namun setidaknya dapat dibatasi bahwa game tycoon adalah game yang memberikan keleluasaan kepada pemainnya untuk mencetak uang sebanyak mungkin. Subgenre tycoon yang paling terkenal yaitu bussines simulation tycoon di mana pemainnya harus menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.



 
Sejarah

Game tycoon bertema taman hiburan sebenarnya sudah ada sejak 1993 yakni DinoPark Tycoon yang dirilis MECC. Para pemainnya diminta untuk mengurus sebuah taman dengan dinosaurus sebagai hewan pertunjukannya. Pada 1994 Electronic Arts merilis Theme Park, game yang menjadi cikal bakal game bertema taman bermain di dunia.

Baru pada 1999 Chris Sawyer memublikasikan Roller Coaster Tycoon pertama yang secara konsep jauh melebihi dari para prosedornya. RCT pun mendapatkan sambutan yang luar biasa sehingga di tahun yang sama Chris Sawyer kembali mengeluarkan rilisan ekspansi dari RCT pertama ini. Chris Sawyer lantas menuntaskan RCT pertama ini dengan merilis Roller Coaster Tycoon Deluxe pada 2003 yang berisi dua ekspansi awal ditambah dengan sejumlah perbaikan di dalamnya. Gambar yang ditampilkan memang masih sederhana, namun untuk gameplay terlihat cukup menjanjikan untuk game terbitan tahun 1999.


Layar tembak dari RCT 2



Satu tahun sebelum penerbitan RCT Deluxe Chris Sawyer merilis Roller Coaster Tycoon 2. Dibandingkan seri pertama, RCT 2 lebih fleksibel dalam penempatan wahana, bahkan pemain dapat merancang sendiri scenery yang telah disediakan. Sama seperti pendahulunya, RCT 2 masih berkonsep 2 dimensi, sehingga pemain hanya dapat memutar theme park nya ke empat sisi. Pada RCT 2 pun fitur bulldoze dan sandbox diperkenalkan.

Tidak berselang lama, Roller Coaster Tycoon 3 dirilis pada 2004. Satu tahun berselang, seri ekspansi Wild! Dan Soaked juga dirilis. Perubahan yang paling mencolok adalah perubahan sistem permainan menjadi 3D. Pemain dapat memutar ke arah manapun dengan bebas. Pemain bahkan dapat masuk ke dalam wahana permainan untuk mencoba sebesar apa excitement rating dari wahana tersebut.


Sinopsis

Roller Coaster Tycoon 3 memiliki mode bermain yang sama seperti para pendahulunya yakni  Career Mode dan Sandbox Mode. Sementara untuk versi deluxe, pemain dapat memilih untuk dapat bermain career di RCT Original, Soaked, atau Wild!. Tentu saja ketiganya memiliki objectives yang berbeda. Khusus untuk soaked, objectives secara garis besar membangun sebuah amusement park yang bertemakan air. Di sini telah disediakan sejumlah fasilitas waterboom seperti kolam dan seluncuran air. Belum lagi ditambah dengan sejumlah scenery baru yang bertemakan atlantis, membuat pemain diminta lebih atraktif lagi menyajikan amusement park yang indah tapi juga efektif dalam menghasilkan uang.

-RCT 3 Soaked

 
-RCT 3 WILD!

Pada ekspansi wild! Pemain telah disediakan kandang dan sejumlah hewan untuk diurus. Ketersediaan hewan juga memengaruhi wahana lain seperti pertunjukkan singa. Kini, selain janitor, security, mechanic, dan entertainer, terdapat juga animal keeper sebagai penjaga dari binatang-binatang yang ada di kebun binatang Anda. Konsepnya mungkin terlihat mirip Zoo Tycoon versi sederhana. Tentu saja agar banyak pengunjung yang menonton, Anda harus seefektif mungkin dalam mengurus mereka. Dengan jumlah uang yang terbatas, tentu akan sulit jika mengadopsi sejumlah besar hewan. Anda harus berfikir efektif dengan mengadopsi hewan dewasa yang sejodoh sehingga nanti sang betina akan melahirkan/menelurkan anak. Dibandingkan dengan wahana lain, kebun binatang memiliki kelebihan yakni pengunjung dapat memberikan “uang adopsi” bagi hewan yang dia sukai, artinya ini menambah pemasukan bagi amusement park Anda.

RCT 3 merupakan game yang cocok bagi Anda yang ingin memiliki amusement park sesuai keinginan Anda tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Dan tentu saja game ini juga hanya cocok bagi Anda yang memiliki waktu luang yang tepat untuk memainkannya. Mendesain sebuah amusement park bukanlah hal bodoh yang hanya buang-buang waktu, tetapi dapat melatih kreativitas dan imajinasi Anda. 

Oya, meskipun memiliki nama yang sama seperti pendahulunya, RCT 3 ternyata dikembangkan oleh Frontier Developments  dan dipublikasikan oleh Atari sementara Chris Sawyer hanya dijadikan sebagai konsultan saja. Pada IGN, RCT mendapatkan rating 8.5 dari total 10 poin dan mendapatkan respon positif dari kritikus game dunia. 

Rating: 4.5/5

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts