The Bourne Identity (2002)

21:05

How could I forget about you? You're the only person I know.




Seorang agen yang mengalami amnesia tiba-tiba terlibat dalam pengejaran yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. Ketidaktahuan mengenai siapa dirinya dan apa yang sebenarnya menimpanya membuat Jason Bourne (Matt Damon) mengalami tekanan batin yang luar biasa. Ia bisa membaca, menulis, bahkan intelegensi sebagai agen rahasia masih ada di otaknya. Ia hanya tidak tahu apa yang sebenarnya telah terjadi sebelum ia akhirnya diselamatkan kapal nelayan Italia.
Jason yang memiliki dua luka tembak di punggung, terapung di lautan sebelum ditemukan Giancarlo (Orso Maria Guerrini). Jason akhirnya berhenti di Swiss untuk segera menukarkan nomor rekening yang terselip di pinggangnya. Sebuah hal yang mengejutkan ketika ia menemukan sejumlah uang, paspor dan satu pucuk pistol dalam brankas miliknya.
Jason berupaya menghubungi kedutaan Amerika di Zurich. Namun, keadaan berubah begitu saja ketika petugas keamanan berusaha menangkap dan mengejarnya. Jason lantas bertemu Marie (Frank Pottente) dan memintanya untuk pergi ke Paris. Dari sini, petualangan itu dimulai.
Ya, “Bourne” sebuah call name istimewa bagi penonton yang berharap mendapatkan suguhan bergenre aksi. Film pertama dari trilogi ini tidak menghadirkan banyak dialog. Memang banyak adegan diam, namun tidak banyak pula adegan-adegan aksi.
Doug Liman sang sutradara agaknya kurang begitu fasih dalam men-direct sebuah film bergenre action. Aksi kejar-kejaran pun terasa begitu mudah. Tidak ada adegan yang benar-benar memacu jantung atau mengagetkan. Semua seperti sudah dapat ditebak begitu saja. Akting kaku Matt Damon juga menjadi kendala. Beruntung Franka Pottente dapat mengimbangi dan membuat film ini sedikit lebih berwarna.
Kualitas gambar yang dihadirkan pun saya pikir tidak lebih baik dari film-film Bond tahun 70an. Pengambilan gambar biasa saja, serta tidak ada teknologi-teknologi hebat jika dibandingkan film aksi lainnya. Bahkan, jika dibandingkan dengan film Die Hard edisi pertama sekalipun. Jalan cerita memang mengalir namun ada di beberapa bagian yang tidak menggambarkan sedang-melakukan-apa karena memang tidak ada penjelasan. Setelah diusut, ternyata “The Bourne Identity” adalah film adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Maka, akan banyak detail dari novel yang pasti tidak diperlihatkan dari film ini.
Cukup aneh dengan penilaian reviewers IMDB dengan memberi skor 7.9 Menurut saya, nilai 6 pun sudah lebih dari cukup. Film ini tidak istimewa dan membuat keraguan untuk menyaksikan dua judul setelahnya.

Rating: 5.5

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts