FOOTBALL MANAGER 2008: YOU CAN WIN TONIGHT!

22:33

Kalimat itulah yang selalu terngiang ketika saya main Football Manager (FM) 2008. Pertama kali main, tahun 2008, laptop di rumah masih milik rekan ayah saya yang sangat lapuk,sehingga untuk memainkan FM saja, sudah ngos-ngosan. akhirnya, saya tidak bisa menikmati game ini secara utuh. Pertengahan 2011 ini, akhirnya saya bisa kembali memainkan game klasik, untuk komputer klasik juga, lewat forum game di Kaskus. Di sana tersedia beragam file yang dapat meng-improve FM Anda. Mulai dari bagian terpenting seperti Patch, Transfer Update, hingga facepacks, dan kits.
Saya sarankan untuk menginstal patch standar 8.0.2, beserta transfer update 2010-2011nya, agar para pemain masih fresh dan masih dikenali ada di klub mana. Meskipun begitu, penggunaan transfer update akan mengubah pola skill pemain. Contohnya, Mario Balotelli, di transfer update 2010-2011, saya mendapatinya masih berusia 16 di tahun 2007 dengan skill sama dengan usianya saat ini (20 tahun). Bisa Anda bayangkan, akan seperti apa ia nanti. Contoh lainnya Lionel Messi, Cesc Fabregas, dan banyak pemain muda lainnya, yang memiliki skill sama dengan usianya sekarang (tahun 2011) tapi dengan usia lebih muda.
Interface Menu FM 2008
Tentu FM 2008 memiliki perbedaan dengan FM 2007 dan kebawahnya. Penambahan paling mencolok adalah dengan adanya Match Confidence, yang mengukur seberapa puas suporter Anda terhadap hasil pertandingan. Confidence ini juga berlaku ketika Anda membeli atau menjual pemain. Tidak ada fitur yang mencolok lainnya apabila dibandingkan dengan FM 2007. Namun, di FM 2008 ini masih sama, yakni tingkat kepintaran AI yang terlalu tinggi saat belanja pemain. Contohnya, saya masih sering kesulitan merekrut pemain yang berlaga di divisi 2 (coca-cola Championship). Begitu pula dengan staff pelatih, di musim pertama, Anda akan sulit menahan staff yang akan hengkang, dan sulit pula mendapatkan penggantinya.




Sbastien Squilacci. Best Defender with Incredible Header
Karena saya belum mencoba Fifa Manager ataupun FM 2009 keatas, maka saya tidak dapat membandingkan. Namun, perbedaan denga Fifa Manager hanya terletak pada lisensi yang banyak ketimbang FM. FM lebih banyak database, tapi lisensi yang dimiliki kepada klub hanya sedikit. Tapi, menurut saya, untuk apa mementingkan lisensi kalau tidak memiliki database yang layak?
Tentu saja, segera mainkan dan YOU CAN WIN TONIGHT !

You Might Also Like

1 komentar

  1. Kunjungan perdana min. Boleh minta linknya gak min??sekalian sm speknya udh gk sbr bgt pingin main ini game... :):) plis min... :D

    ReplyDelete

Popular Posts