SPORE: (MUNGKIN) GAME MAXIS TERAKHIR

08:44




Waktu tahu kalau game ini buatan Maxis, saya langsung tertarik dan membeli langsung kasetnya. Di covernya sih ada tulisan jelas terpampang: “From The Creator of The Sims. Oke, mari kita mulai.
Game ini dirilis pada September 2008, tentu saja, didesain oleh Will Wright, sang desainer Sim City dan The Sims juga. Kalau menurut saya sih, game ini lebih mirip RPG bertema action, jadi, ada kalanya, kita main dengan jalan cerita yang sudah ditentukan, lalu, menggerakan banyak pasukan untuk mengakhiri cerita. 

Awal cerita dimulai ketika pemain menjadi sebuah makhluk mikroskopik yang harus berkembang, hingga akhirnya menjadi makhluk cerdas. Nah, disini pemain diberi kebebasan untuk menjadi makhluk seperti apapun, membuat rumah, dan kendaraan. Namun, jalan ceritanya sudah ditentukan. Jadi, kalau kita sudah memenuhi objectives tertentu, maka, cerita akan beralih, atau sang makhluk akan berevolusi.
Nah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui: (1) Cell Stage, (2) Creature Stage, (3) Civiliation Stage, (4) Space Stage. Tiap tahapan ini berbeda-beda pula taktik yang dihadapi. Jaman Creature Stage misalnya, kita harus secara bersama-sama membunuh untuk mendapatkan makanan, sedangkan jaman Civilation, kita harus menginvasi setiap daerah untuk mendapatkan kekuasaan.
Menurut Maxis sang developer sih, mereka bikin game ini dengan pendekatan yang sangat detail. Setiap stages memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Tapi, menurut saya sendiri, game ini bahkan terlalu mudah untuk dilalui. Bayangkan, dalam waktu satu malam, saya sudah mencapai stage ke-empat. Oya, belum lagi, kita akan dipusingkan dengan kontrol yang sulit.
Di Cell Stage, kontrol hanya menggunakan keyboard dengan tanda arah, atau menggunakan mouse. Namun di jaman Space Stage, semuanya “main”. Artinya, ya menggunakan keyboard, ya mouse juga. Rumit sih menurut saya. Maka, saya tidak bisa menjamin kalau Maxis merilis ulang game seperti ini akan sukses, atau setidaknya menyamai prestasi The Sims.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts