CHERY BELLE: MORE UNYU-ER THAN OTHER

23:15






Hampir sebulan yang lalu, mungkin lebih, beberapa orang bercerta tentang kemunculan girlband (GB) baru yang katanya lagi hype banget di televisi. Ah, saya pikir, paling GB sejenis 7icons atau G-String, atau apalah. Namanya: Cherry Belle (CB). Oke, tidak cukup buruk untuk sebuah GB. Beredar selentingan kalau katanya GB ini merupakan plagiat dari SNSD.
Karena penasaran, sekitar tiga hari yang lalu, saya coba googling dan mengunduh lagunya secara gratis dan legal menurut wikipedia. Karena lagunya yang hampir sejenis dengan karya Yovie Widiyanto, ataupun band Gruvi, iseng-iseng saya search lagu mereka di Youtube. Awalnya MV, dan berakhir di fancam. Beberapa informasi, terus saya korek dari beragam sumber.
Oke, untuk beberapa saat, antara penasaran dan suka itu memang beda tipis.
Akhirnya saya mendapatkan beberapa kesimpulan akan GB ini. Fakta yang relatifnya adalah mereka lebih baik, bahkan terbaik untuk GB Indonesia dalam segi kostum, lagu, koreografi, maupun para personilnya. Tipe lagu yang lebih slow dan koreo yang anggun, membuat GB ini benar-benar terkesan girly.
Sedangkan fakta pastinya, GB ini tidak serta merta memplagiasi SNSD, seperti yang banyak orang bilang. Format video klip yang seperti Gee, atau Kissing You, yang memadukan konsep studio kosong dengan beragam furnitur, serta tambahan efek animasi, adalah hal yang biasa utuk sebuah video klip. Saya masuk ke forum kaskus, di sana rata-rata user mencela video klip CB karena plagiat. Tapi, kalaupun ada plagiasi, saya akan mempertanyakan, jenis plagiasi apakah itu.
CB pada dasarnya memang memiliki niat untuk maju di persaingan musik GB lainnya. Contoh paling kongkritnya, mereka bahkan memiliki website dan fanpage yang selalu update. Untuk web bisa diakses di www.cherrybelle.info, sementara fanpage resmi, bisa dilihat di webnya. Meski baru terisi sedikit, tapi pembuatan web ini menyiratkan kalau mereka memang niat.
Personil CherryBelle
Selain modal tampang, suara mereka juga tidak bisa dikatan jelek. Untuk beberapa alasan, suara mereka kadang terdengar sama. Tidak sulit untuk membedakan kesembilan personil CB. Mereka adalah Anisa, Angel, Christy, Felly, Ryn, Gigi, Wenda, Devi, Cheryl. Setelah melihat kesembilan personilnya, agaknya cukup jauh ya apabila dibandingkan dengan girlband sejenis, macam 7icons. Begitu pula keberanian mereka yang menyanyi langsung ketika tampil di acara televisi. Memukau, pikir saya.
Dari jumlah cover lagu, lagu Dilema milik Cherry Belle juga terpantau banyak, ketimbang lagu milik 7icons. Bukan memberi penilaian buruk, tapi kekuatan awal Cherry Belle ini memang berasal dari lagu.
Mayoritas personil Cherry Belle beretnis tionghoa, bukan untuk memancing pembicaraan SARA, tapi, karena hal ini, mereka jauh lebih terlihat unyu, ketimbang girlband lain. Wajah Indonesia, paling jelas hanya dimiliki oleh Anisa yang selalu setia dengan rambut hitamnya. Sementara delapan personil lainnya, kalau didandani sedemikian rupa, ternyata lebih mirip girlband kelahiran Korea, misalnya.
Sebenarnya masih panjang yang dapat diceritakan dari girlband ini. Oya, mereka juga meraih “Best Girlband” di Inbox Award. Saking ter-influencenya, pada suatu hari, sesaat saya sampai rumah, sehabis kuliah, saya menyalakan keyboard butut, dan memberi satu buah cover untuk lagu mereka :). Kalau masuk Cherry Belle ada lima, yaitu voice, look, ability to dance, dan attitude/spirit/motivation. Bandingkan dengan syarat masuk 7icons: harus putih dan mulus :o

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts