Kota ku di Sim City

20:21







Tadi sekilas tentang Maxis dan EA. Sekarang saya akan membawa Anda pada game tata kota, yang menurut saya masih yang terbaik saat ini. Please Welcome: SIMS CITY....

Hanya ada 4 game yang dikeluarkan Maxis mengenai tata kota, namun, saya singkat menjadi 3, karena satu game, hanya versi unlimited (Sims City 3000: Unlimited). Oke, reviewnya mulai dari sini.




1. Sim City (1989)
Game ini pada awalnya, hanya tersedia pada console Concorde 64 8-bit. Console ini mirip komputer, hanya jumlah pixel yang jauh lebih sedikit. Nah, Maxis lalu mengkonversi game ini untuk user PC. Tidak butuh waktu lama untuk menjadikannya sebagai salah satu game dengan penjualan terbanyak di seluruh dunia.
Grafis dari game ini, lebih mirip game tetris menurut saya, hanya terdapat tulisan-tulisan yang membantu kita mengetahui, kalau ini adalah sebuah game tata kota. Grafisnya masih sederhana, tapi saya benar-benar memakluminya. Karena, bayangkan, game ini dibuat tahun 1989, 3 tahun sebelum saya lahir ke dunia.
Oya, awalnya Sim City ini dibuat oleh produsen game Micropollis, yang kemudian setuju untuk dipublikasikan oleh Maxis, dan penambahan disana sini oleh Will Wright. Lahirlah Sim City.
Awal mula dibuatnya, Will Wright tertarik dengan sistem tata kota yang ada, ia memungut teori dari beberapa pakai, dan menggunakannya sebagai formula di Sim City. Oleh karena itu, tidak mengagetkan ketika Jeff Braun, pendiri Micropollis setuju untuk bergabung bersama Maxis.
Di game ini, pemain bebas untuk mengeksplorasi kotanya, bisa pula menggunakan skenario. Terdapat tiga zona yang dapat dibangun pemain. Zona Residensial, Zona Komersial, dan Zona Industrial. Ketiga zona ini menjadi pusat permainan Sim City. Pemain juga bisa tertimpa musibah, seperti banjir, gempa bumi, tornado, bahkan, diserang monster.
Terdapat sepuluh sekenario dengan sepuluh kota yang berbeda-beda pula. Tentu dengan skenario dan timeline palsu. Setiap skenario, pasti membutuhkan taktik yang berbeda-beda pula. Misalnya, di skenario pertama, pemain harus banyak membangun ladang, sedangkan di skenario terakhir, harus banyak membangun kantor polisi dan pemadam kebakaran.
Game ini bisa diunduh gratis di http://www.bestoldgames.net/eng/old-games/simcity.php sini. Cuma 600 kilobytes kok :).


2. Sim City 2000 (1994)
Sim City 2000 (SC 2k) dirilis pada 1994 untuk Machintos. Ada beberapa tambahan tentunya di SC 2k ini, yang paling mendasar adalah mulai diperkenalkannya terrain dan underground untuk aliran pipa dan subway. Ada tambahan pula untuk bangunan fasilitas, seperti penjara, sekolah, perpustakaan, museum, dan fasilitas publik lainnya. Juga untuk transportasi seperti jalan tol, jalan kereta api, pelabuhan dan bandara.
Penambahan-penambahan juga termasuk power plants, budget and tax, dan querry tool yang berguna sebagai info dari sebuah tempat atau bangunan. Ada pula newspaper yang berguna untuk menelurkan berita-berita di setiap bulannya.
Grafis di SC 2k ini mirip Holiday Island, masih begitu kaku, tapi sudah sangat, jauh lebih baik ketimbang pendahuunya. Oya, meskipun tidak ada menang atau kalah, tapi skenario di SC 2k ini, pada tahun 2059 membuat sebuah proyek bernama “eksodus”. Para urban yang tinggal di kota Anda, bersiap untuk pindah ke luar angkasa. Dan menurut beberapa yang telah memainkannya, inilah akhir dari game SC 2k, karena saya sendiri belum pernah sampai ke tahun 2059 :).


3. Sim City 3000 (1999)
Sim City 3000 (SC 3k), merupakan game Maxis yang telah diakusisi oleh Electroics Arts (EA). Game ini juga telah support microsoft windows saat pertama kali launchingnya. Seperti biasa, terdapat beberapa perubahan pada SC 3k, meski tidak terlalu mendasar. Meskipun begitu, SC 3k, terasa begitu hebat jika dibandingkan dengan pendahulunya.
Di sini juga pemain harus membangun TPS atau tempat pembuangan sampah, karena SC 3k telah menganut waste management. Selain itu, ada pula ladang dan agricultur yang masuk ke light industrial yang juga menimbulkan polusi untuk kota. Selain itu, diperkenalkan pula kota-kota pendamping yang ada di setiap kota. Tujuannya, agar kita bisa bekerja sama dengan kota-kota itu.
Di sini, mulai diperkenalkan news ticker, yaitu mirip dengan news paper, tapi, lebih keren lah. Di dalamnya, ada news advisor. Misalnya, kita punya masalah di kepolisian, nanti kepala polisinya akan muncul di news advisor. Ini sekaligus jadi bantuan buat kita kalau ingin main SC 3k.



4. Sim City 4 (2004)
Sim City 4 (SC 4), memiliki grafis yang menurut saya sangat halus. Gameplaynya lebih halus, dan tentu saja, EA mulai eksis dengan menempatkan logonya di depan. Di sini, sekali main, kita bisa menjadi mayor di beberapa kota sekaligus.
Oya, setiap region, memiliki beberapa kota. Jadi wajar, jika game ini mulai cukup berat untuk dimainkan di PC lemot. Maklum saja, grafis yang baik, serta kamera bisa diubah sesuai kita. Kalau SC 3k, hanya ada 4 tampilan, di SC 4, kamera bisa diputar 360 derajat penuh !.
SC 4 memiliki God Mode. Jadi, kita bisa membuat terrain, disaster yang lebih hebat. Terrain disini, jenisnya tidak terbatas, tidak seperti SC 3k. Bahkan, kita bisa membuat gunung yang memilik magma. How so amazing.
Yang paling keren, tentunya mode My Sim. Kita bisa bermain dengan memilih warga yang tinggal di kota. Jadi kita bisa tahu dimana kelemahan kota, dimana traffic yang selalu penuh.
Sedikit saja review untuk SC 4, mainkan dulu saja :)
Sebenarnya masih ada sim city societies, sayangnya bukan buatan maxis, jadi tidak perlu saya bahas. Dilain waktu saja mungkin ya. Selamat mencoba :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Keren gan btw itu donwload simcity 3k dimana ya? kalo yang 2k ama 4 gw dah pernah maen

    ReplyDelete

Popular Posts